Huni - Temanmu Cari Properti

Perpaduan Warna-Warna Cat yang Paling Sesuai untuk Rumah Mungil atau Apartemen

Perpaduan warna cat yang cocok untuk rumah minimalis. Dengan kreatifitas, rumah mungil mu bisa segera jadi rumah idaman.


A
Azaria Nur Fadhilah18 Jan 2022 20:45
  • Bagikan :

Perpaduan Warna-Warna Cat yang Paling Sesuai untuk Rumah Mungil atau Apartemen

Perpaduan Warna-Warna Cat yang Paling Sesuai untuk Rumah Mungil atau Apartemen

Mempunyai rumah idaman yang mungil atau studio apartemen memang sedang naik daun terutama di kalangan milenial. Misalnya saja rumah type 30/60 yang menjadi incaran para milenial karena ukurannya yang mungil sehingga sesuai dengan kebutuhan. Namun, tidak jarang juga rumah mungil menjadi pilihan bagi yang sudah berkeluarga dengan menambah lantai kedua. Selain rumah dengan ukuran mungil, desain rumah minimalis juga masih menjadi pilihan utama. Konsep less is more bisa menghemat perabot dan tentunya budget. Satu lagi hal yang cukup krusial, yaitu pemilihan kombinasi warna cat rumah. Perpaduan warna-warna yang tepat bisa membuat rumah kamu terasa hangat, luas, nyaman, dan tentunya indah dipandang.

Menurut Jurnal tahun 2018 yang berjudul The Effects of Color on the Moods of College Students, warna terbukti bisa mempengaruhi emosi dan mood seseorang. Bahkan perpaduan warna, lighting, interior, temperatur bisa mempengaruhi perubahan mood, perilaku, meningkatkan kreatifitas, dan meningkatkan memori jangka pendek.

Oleh karena itu, penting buat kamu untuk mengetahui perpaduan warna apa saja yang cocok dengan desain rumah, fungsi dari tiap bagian rumah, dan tentunya yang bisa menaikkan mood kamu. 

Agar lebih mudah saat memilih kombinasi warna cat rumah, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Pahami dan pilih warna dasar rumah, sehingga akan memudahkan dalam memilih warna sekunder.
  2. Pahami beberapa cara mengombinasikan warna.
  3. Pahami karakteristik warna dan efek yang ditimbulkan.

Biasanya warna cat rumah minimalis, sering menggunakan warna cat putih karena memberi kesan luas dan bersih. Selain warna cat putih, warna hitam, warna-warna earth tone, dan juga abu-abu juga sering dipakai. Namun, kamu juga bisa memilih perpaduan warna-warna cat yang lain untuk rumah mungil atau apartemen agar terlihat berbeda, unik, tapi tetap nyaman.

Nah, buat kamu yang masih bingung memilih kombinasi warna cat rumah, tenang saja. Huni akan memberi beberapa perpaduan warna-warna cat yang paling sesuai untuk rumah mungil atau apartemen, sehingga bisa kamu aplikasikan di rumah idaman. Simak terus artikelnya ya!

Kombinasi Warna-Warna Cantik Interior Rumah

Kehangatan dan Kecerian dengan Warm Tone

Plafon rumah yang tinggi dan lampu gantung yang disusun sejajar, membuat rumah terlihat longgar. Penggunaan kaca di bagian atas rumah akan memberikan penerangan alami saat siang hari. Dinding rumah yang berwarna terang, lantai kayu, kursi dengan aksen kuning, dipercantik dengan pohon yang diletakkan di tengah ruang memberikan kesan hangat sekaligus ceria. Selain itu, meletakkan rak buku di pojok ruang bisa punya fungsi ganda sebagai meja dan juga kursi tambahan.

Simple dan Futuristik dengan Warna-warna Netral

Untuk menghadirkan rumah dengan feel modern dan futuristik, warna cat putih adalah kuncinya. Lighting yang tepat juga berpengaruh besar dalam menambah kesan modern. Lighting dengan dominasi warna biru bisa menciptakan suasana cool dan serene. Pilih perabot dengan warna abu-abu dan hitam agar tampak serasi dengan warna ruangan. Perpaduan warna, pencahayaan, dan perabot dapat membuat ruangan terlihat luas, bersih, dan sekaligus mewah.

Kelembutan yang Berkelas dengan Warna Abu-abu dan Dusty Pink

Perpaduan Warna Abu dan Pink via behance

Rumah minimalis dengan perpaduan warna abu-abu dan dusty pink via behance

Warna pink yang biasanya terkesan girly jika dipadukan dengan warna yang tepat akan menciptakan kombinasi warna yang menarik. Pada rumah minimalis seluas 34 meter persegi ini menggunakan warna abu-abu sebagai warna primer dan dikombinasikan dengan warna dustypink. Ruang keluarga yang kental dengan nuansa abu-abu dengan jendela besar di sampingnya bersebelahan langsung dengan dapur sekaligus ruang makan yang diberi aksen warna dusty pink. Selain itu, pemilihan lampu dan perabot yang semakin menambah keindahan rumah mungil ini.

Klasik dan Sederhana dengan Perpaduan Warna Cat Putih, Kayu, dan Denim

Dapur yang menyatu dengan ruang makan dan ruang keluarga bisa kamu terapkan di rumah mungil atau apartemen untuk menciptakan kesan luas dan terbuka. Perbedaan tinggi lantai bisa jadi alternatif pembatas area dapur dan ruang makan. Untuk menciptakan kesan modern namun tetap warm, pemilihan warna putih di seluruh dinding rumah bisa dipadukan dengan lantai dari kayu berwarna coklat. Untuk perabot, pilih yang berwarna biru tua atau yang mempergunakan bahan denim untuk bantalannya. Jendela besar di ruangan-ruangan utama memungkinkan cahaya untuk langsung masuk ke dalam ruangan. Ruangan pun terlihat terang, luas, dan hangat.

Sederhana tapi Elegan dan Berkelas dengan Warna Putih dan Abu-abu

Rumah dengan gaya skandinavia banyak mempergunakan warna cat putih. Jangan lupa jendela besar sehingga penerangan alami dapat terjadi sepanjang hari ketika matahari sedang bersinar. Perabot dengan dominasi warna abu-abu menyempurnakan gaya Skandinavia yang unik, mulai dari kursi, sofa, meja, lukisan, dan karpet. Elemen kayu atau rotan juga dapat menjadi aksen yang menyempurnakan desain rumah. 

Kesejukan dan Ketenangan dengan Warna Hijau dan Putih

Kombinasi warna dominan putih dengan warna sekunder hitam, dan dipercantik dengan warna hijau di dinding membuat kamar tidur menjadi tempat yang pas untuk relaksasi. Penambahan lukisan daun ber-background putih senada dengan warna cat dinding. Penempatan tanaman-tanaman indoor di sudut-sudut ruangan ditambah penataan lampu yang cantik membuat kamar tidur menjadi tempat melepas penat yang nyaman.

Beberapa perpaduan warna ini bisa jadi titik awal perjalanan mu dalam menata dan mempercantik rumah. Jangan ragu untuk bermain warna dan menciptakan kombinasimu sendiri. Agar lebih mudah dalam menentukan perpaduan warna, tentukan dahulu desain rumah dan tema rumah idaman kamu. Dapatkan inspirasi dari beragam sumber, seperti instagram, blogs, dan tentunya, Huni.

Huni juga bisa membantu kamu menemukan rumah idaman yang sesuai dengan selera. Kamu bisa mencari rumah di lokasi yang kamu inginkan dengan menfaatkan fitur Huni Map. Detail rumah lengkap dengan fasilitas bahkan legalitas bisa kamu lihat dengan mudah lewat smarphone tanpa harus datang langsung. Kamu bisa langsung chat dengan agen jika kamu sudah menemukan calon rumah idaman. Ada juga fitur Huni Smart yang akan membantu menemukan rumah sesuai keinginan saat kamu kebingungan. Akses Huni dan dapatkan kenyamanan dalam mencari rumah idaman!