Huni - Temanmu Cari Properti

9 Tips Agar Rumah Selalu Terlihat Bersih

Rumah idaman yang bersih, rapi, dan sehat adalah impian semua orang. Simak 9 tips rumah selalu terlihat bersih, rapi, dan sehat ala Huni!


A
Azaria Nur Fadhilah24 Feb 2022 15:16
  • Bagikan :

9 Tips Agar Rumah Selalu Terlihat Bersih

9 Tips Agar Rumah Selalu Terlihat Bersih

Rumah idaman yang bersih dan rapi serta tampak seperti model pada katalog atau majalah rumah adalah impian semua orang. Semuanya tertata rapi pada tempatnya, tidak ada debu ataupun sawang, dan tampak nyaman sekali. Namun, realitanya banyak yang menyepelekan masalah kebersihan rumah. Jadi, impian mempunyai rumah yang bersih dan sehat hanyalah impian belaka. Kesibukan sehari-hari, sehingga tidak ada waktu untuk bersih-bersih sering dijadikan alasan utama kenapa jarang membersihkan rumah secara rutin.

Bayangkan jika rumah kotor, barang-barangnya pun berserakan, ditambah jika rumahnya berukuran kecil, tentu akan semakin tidak nyaman dan sumpek. Penghuni rumah tidak betah di rumah, begitu pula tamu pun enggan berkunjung.

Namun, jika rumah dibersihkan secara rutin, maka pekerjaan bersih-bersih rumah tidak akan menyita banyak waktu dan cepat diselesaikan. Rumah yang bersih akan membuat penghuni rumah semakin betah di dalam rumah. Selain itu, anggota keluarga bisa terhindar dari berbagai penyakit. Pengunjung pun akan senang dan betah saat berkunjung.

Artikel kali ini, Huni akan membagikan 9 tips agar rumah selalu terlihat bersih. Penasaran? Simak artikelnya ya!

1. Mulailah Berperilaku Bersih dan Sehat

Berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) memang terdengar sepele, tapi ternyata praktiknya masih banyak yang belum menerapkan perilaku bersih. Berperilaku bersih dimulai dari diri sendiri. Salah satu indikator berperilaku bersih dan sehat adalah bagaimana kamu membersihkan rumah? Rumah bisa menggambarkan kepribadian. Jadi, saat rumah selalu terlihat bersih, maka itu juga menggambarkan bahwa kamu seorang yang selalu menjaga kebersihan. Begitu pula sebaliknya, saat rumah kotor, maka banyak yang akan menyimpulkan bahwa penghuni rumah adalah orang yang malas bersih-bersih.

Membiasakan perilaku hidup sehat dan bersih bisa membuat rumah selalu bersih, nyaman, terbebas dari sumber penyakit, dan kesehatan anggota keluarga lebih terjamin. Kebersihan rumah adalah tanggung jawab semua anggota keluarga. Jadi, libatkan semua anggota keluarga untuk membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat.

2. Ubah Mindset  ‘Bersih-Bersih itu Capek’

Banyak yang menyebutkan bahwa bersih-bersih rumah itu membutuhkan waktu yang lama dan akan membuat capek. Tapi kenyataannya, jika dilakukan secara rutin, maka bersih-bersih rumah cepat selesai. Kamu harus mengubah mindset bahwa bersih-bersih itu capek.

Alihkan pikiran itu dengan hal-hal positif lainnya. Misalnya, saat kamu membersihkan rumah, maka kamu sudah meningkatkan kualitas hidup anggota keluarga dan mencegah keluarga tercinta dari penyakit. Jika mindset kamu sudah berubah, maka bersih-bersih rumah akan terasa menyenangkan.

3. Jangan Menunda Bersih-Bersih

Jangan menunda-nunda acara bersih-bersih rumah. Jika sering menunda, biasanya akan semakin malas membersihkan. Biasakan hal-hal kecil agar membiasakan diri untuk menjaga kebersihan. Misalnya langsung merapikan tempat tidur setelah bangun tidur. Begitu juga saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam, sebaiknya langsung mencuci piring dan peralatan yang dipakai, sehingga wastafel tidak dipenuhi alat makan kotor. Menurut Cleveland Clinic, 9% penyebab keracunan makanan disebabkan oleh bakteri yang berasal dari peralatan dapur itu sendiri. Jadi, pastikan untuk selalu membersihkan dapur setelah digunakan agar tidak terkontaminasi dengan bakteri. Segera cuci pakaian kotor setiap hari, agar cucian tidak menumpuk dan kotoran pada pakaian mudah dihilangkan.

Buatlah jadwal bersih-bersih harian bersama anggota keluarga yang lain. Jadi, setiap orang mempunyai tanggungjawabnya masing-masing. Selain meringankan pekerjaan, juga bisa membiasakan perilaku hidup sehat dan tentunya menambah kekompakkan anggota keluarga.

4. Pilihlah Kabinet Tertutup

Kabinet tertutup bisa menjadi alternatif agar rumah kamu terlihat rapi dan tertata dengan baik. Selain itu, jika menggunakan kabinet tertutup bisa meminimalisir debu masuk ke dalam kabinet. Biasanya kabinet tertutup bisa digunakan sebagai penyimpanan yang multifungsi. Selain memberikan aksen pada rumah juga bisa menyimpan barang. Kabinet tertutup yang multifungsi identik dengan desain rumah minimalis yang memaksimalkan fungsi tiap bagiannya.

5. Pastikan Ventilasi di Setiap Ruang Lancar

Memiliki ventilasi udara adalah salah satu ciri rumah yang sehat. Ventilasi berfungsi sebagai pertukaran udara di dalam dan di luar rumah. Jika ventilasi tidak lancar, maka ruangan akan terasa lembab dan debu pun semakin tebal karena tertahan di dalam ruangan. Udara di dalam rumah pun juga tidak segar, malah terasa pengap. Ditambah jika rumah jarang dibersihkan. Wah, rumah jadi semakin tidak nyaman dihuni dan kesehatan keluarga pun tidak bisa dijamin lagi.

6. Kembalikan Barang ke Tempatnya

Meskipun terkesan sepele, tapi pada kenyataannya banyak yang lupa untuk mengembalikan barang ke tempatnya. Mengembalikan barang ke tempatnya akan membuat rumah rapi. Misalnya setelah membaca buku, buku langsung dikembalikan ke rak buku. Setelah mencuci piring dan dikeringkan, peralatan makan dimasukkan ke dalam lemari penyimpanan. Dengan begitu akan memudahkan untuk mencari dan menggunakannya kembali.

7. Lepaskan Alas Kaki Saat Memasuki Rumah

Kamu mungkin tidak menyadari apa yang kamu injak saat di luar rumah. Tapi yang pasti, kamu menginjak banyak hal yang kotor. Meskipun secara sekilas alas kaki tampak bersih, tapi banyak bakteri yang sudah menempel. Selain bakteri, juga banyak debu yang menempel di alas kaki. Nah, saat masuk rumah dengan memakai alas kaki, tentu kotoran akan menempel di lantai dan masuk ke dalam rumah. Jadi, sebaiknya kamu melepas alas kaki saat akan masuk ke dalam rumah. Dengan begitu kebersihan rumah pun lebih terjaga.

8. Gunakan Warna-Warna Terang

Menggunakan warna-warna terang untuk warna cat rumah bisa memberikan kesan bersih dan rapi. Misalnya warna cat putih yang sering dipakai pada warna cat rumah minimalis. Warna putih dapat memberikan kesan bersih, sederhana, rapi, tapi tetap elegan. Kamu bisa menggunakan warna putih sebagai warna cat rumah idaman. Meskipun semua warna tidak masalah asalkan rajin membersihkan rumah secara rutin. Tapi, dengan menggunakan warna cat rumah yang terang akan membuat rumah kamu tampak tidak terlalu kotor jika dibandingkan dengan warna-warna cat rumah yang cenderung gelap.

9. Persiapkan Senjata Bersih-Bersih

Peralatan bersih-bersih menjadi hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Tidak harus mempunyai banyak jenis peralatan bersih-bersih, secukupnya saja, asalkan sering digunakan. Terkadang saat akan memulai membersihkan rumah, ternyata tidak ada peralatan bersih-bersih, akhirnya beres-beres rumah pun ditunda.

Kamu bisa memanfaatkan alat bersih-bersih modern, seperti vacuum cleaner, vacuum robotic, dan air purifier untuk mempermudah kegiatan bersih-bersih. Vacuum cleaner yang bisa menghisap debu dalam rumah. Vacuum robotic yang bisa menghisap, menyapu, mengepel, mengeringkan bahkan dilengkapi dengan sensor, sehingga tidak akan menabrak dinding atau perabot. Air purifier yang bisa menyaring udara kotor dalam rumah.

Bagaimana? Mudah bukan tipsnya?

Perilaku hidup sehat dan bersih harus dimulai dari diri sendiri dulu. Pada mulanya memang akan terasa berat, tapi lambat laun akan terbiasa dan terasa lebih mudah. Bayangkan ketika pulang dari kerja, rumah terlihat bersih dan rapi, maka akan terasa nyaman dan bisa segera beristirahat. Namun, sebaliknya, jika saat pulang rumah terlihat kotor dan berantakan, maka rasa lelah akan berubah menjadi stres dan tidak bisa beristirahat dengan nyaman. Membersihkan rumah idaman memang menjadi prioritas agar rumah semakin homey. Selain itu, rumah yang bersih akan memberikan energi positif bagi penghuni rumahnya dan kesehatan anggota keluarga lebih terjamin. Ayo biasakan bersih-bersih rumah secara rutin dan rumah idaman kamu semakin sehat dan nyaman.

Huni bisa membantu kamu mewujudkan mimpi beli rumah idaman. Banyak fitur menarik dan tampilan yang user-friendly akan memudahkan kamu mendapatkan rumah idaman. Fitur Huni Map yang bisa membantu kamu mencari rumah sesuai lokasi yang kamu inginkan. Huni juga menyediakan informasi detail rumah secara komplit tanpa harus datang langsung. Jika ada rumah yang menarik, kamu bisa langsung chat dengan agen untuk bertanya lebih jauh. Huni memberikan kenyamanan mencari rumah idaman sesuai keinginan. Akses Huni dan rasakan kemudahan cari rumah idaman.